Naskah Drama


LAKON











EMBUN DI PUCUK ASOKA
(Drama Satu Babak)





AKTOR:
1.       SARI (Istri Usman)
2.       USMAN (Suami Sari)
3.       NURMA (Anak Sari)
4.       AJO (Tetangga/Teman Usman)
5.       MELI (Tukang Kredit)



                                    






                                                                                                                                  
SET PANGGUNG:
WARUNG UDUK LONTONG SAYUR  DI DEPAN RUMAH. DINDING DEPAN RUMAH (JENDELA KAMAR – JENDELA DEPAN – PINTU RUANG TAMU) SEDERHANA. MEJA DAN KURSI PLASTIK TEMPAT MAKAN UDUK. ETALASE MAKANAN DI ATAS MEJA.
                                                                                                                                                                      




ADEGAN:

SARI TAMPAK SIBUK MENYUSUN MAKANAN DAGANGANNYA. WAJAH KHAWATIR, SESEKALI MENATAP KE JALAN. GELISAH. MEJA DAN KURSI PELANGGAN MASIH KOSONG.

SARI             : (Masih terlihat gelisah dan khawatir. Berjalan ke sana kemari) Mana bang Usman ini! Semaleman nggak pulang-pulang. Dipesenin beli martabak sampe ganti hari belom keliatan juga bentuknya. (jengkel)

LELAH BERBICARA SENDIRI, SARI BERDIALOG DENGAN PENONTON.

SARI             : Hei penonton! Ada yang liat laki saya nggak? (Maju ke pinggir panggung) Gitulah Usman. Suami saya yang gak jelas itu. Entah apa yang dia kerjain sampe gak pulang ke rumah. Entah mati di jalan, entah kecantol perempuan… Bertahun-tahun dia gak kerja. Saya banting tulang hidupi diri sendiri dan anak saya satu-satunya. Punya anak satu juga bandelnya ampun-ampun! Kayak sekarang ini, jam segini belum juga berangkat sekolah. Entar tau-tau saya dipanggil guru karena dia keseringan terlambat dan bolos sekolah. Belum pernahlah dia itu bantuin saya nyiapin dagangan kayak gini.

                         Makanya kecantikan saya jadi luntur gini…

                         Eee… Jangan salah ya! Saya ini dulunya kembang desa. Banyak yang kecantol sama saya. Saya aja yang salah pilih. Kalo dulu saya gak pilih Usman, saya sekarang udah sejahtera sama bang Kodir.

KALIMATNYA MENDADAK TERPOTONG KARENA TIBA-TIBA  IA DIKEJUTKAN OLEH KEHADIRAN AJO YANG SEDARI TADI MEMANGGIL-MANGGIL SARI HENDAK MEMESAN UDUK.

AJO              : Mbak! Mbak! (sambil menyomot gorengan)
                         Nah. Jualan nggak dia ini.
                         Woi!
SARI             : Eh. Ada orang. (kembali ke meja)
                         Makan sini? Bungkus?
AJO              : Makan sini dong.
SARI             : (menyajikan makanan)
                         Bang, liat suami saya gak?
AJO              : Coba ambilin tahu bunting itu dulu, Sar.
SARI             : Semaleman Usman gak pulang. Ke mana dia, bang?
AJO              : Coba bawa ke sini kerupuk itu.
SARI             : Coba kamu jawab dulu pertanyaan saya itu, bang. Kamu kan kawan akrabnya sih.
AJO              : Saya ini gak liat suami kamu itu. Ga tau juga Usman di mana, Sari. (sambil mengambil sendiri tahu bunting dan kerupuk)
SARI             : Hmm… Nggak percaya saya.
AJO              : Ya sudahlah kalo gak percaya. Ambilin minum dulu sih. Seret tauk.
SARI             : He he he (nyengir sambil mengambilkan teko)

SARI TERKEJUT DENGAN KEDATANGAN USMAN DAN MELETAKKAN LAGI TEKO ITU PADA TEMPATNYA.

AJO              : NAH (mengambil sendiri teko minum)
SARI             : Ya Tuhanku dan Allahku. Masih idup. Bang Usman! Dari mana aja kamu? Semaleman gak pulang-pulang. Mana martabak pesenan Sari, bang?!
USMAN      : Ga ada.
SARI             : Terus kamu ga pulang itu nyasar ke mana, bang? Balikin duit saya!
                         (terkejut dan melotot melihat Usman mengeluarkan rokok) Aih! Ngerokok kamu, bang! Saya minta beliin martabak gak kamu beliin. Malah kamu beliin rokok, bang! Tega kamu itu ya sama saya.
USMAN      : Ya udah sih. Nanti saya ganti dua puluh ribu kamu itu.
SARI             : POKOKNYA YA, BANG. KAMU HARUS GANTI SEMUA DUIT-DUIT SAYA ITU. SELAMA INI KAMU – 
AJO              : Astaghfirullohhaladzim…
SAR+US      : Kenapa???
AJO              : Ini berita ini (sambil menunjuk koran yang dibacanya)
SAR+US      : Kenapa?
AJO              : Nggak kebaca. (Nyengir)
SAR+US      : (menggaruk kepala)
USMAN      : Makanya kamu sekolah, biar bisa baca tulis… untunglah kamu itu masih bisa bedain duit.
AJO              : Aih.. sok nyeramahin saya kamu itu, Us. Ke mana kamu semalem. Liat nah, istri kamu ini ngeromet aja dari tadi.
SARI             : Makanya dong, bang. Ajaklah laki saya ini kerja bareng kamu. Biar saya ini ga ngomel-ngomel aja kerjaannya.
AJO              : Bukannya saya ini gak mau ngajak Usman kerja bareng saya. Coba kamu Tanya dia itu, mau apa enggak dia kerja sama saya.
USMAN      : Saya bukannya gak mau, tapi kamu tau sendiri saya ga cocok sama bos kamu yang songong itu.
AJO              : Karena kamu masih cemburu sama si Kodir itu kan?! (tertawa keras)
USMAN      : Nah Ajo! Kurang ajar. Sudah pulanglah kamu! Makin kesal saya.
AJO              : Ya sudahlah. Sari, Usman, saya pulang dulu ya.
SARI             : Woi. Ngutang lagi kamu ini, bang?
AJO              : (sambil berlalu) Ntar saya rapel sama yang kemaren.

HENING

MELI            : SARIIIII! (Teriak) udah lewat tiga hari ya  saya nagihnya. Cepetlah kamu bayar angsuran panci itu. Mau berapa lama lagi kamu itu tarsok tarsok. Entar besok entar besok, entar bosok lama-lama. Bayar!
SARI             : Duh, Mel… maaf. Kalo tiga hari lagi gimana, Mel? Duit saya belum ngumpul, Mel. Ini masakan saya juga belum laris. Saya juga kan perlu kasih uang jajannya si Nurma. Plis….
MELI            : Plas plis plas plis.. (memukul meja) Beneran tiga hari lagi ya! Awas kalo enggak ya! (out)
SARI             : Thanks God… (mengusap wajah bersyukur)
MELI            : (mendadak kembali lagi) Eh, Sari. Kayaknya enak lontong sayur kamu ini. Bungkusin dua ya. Buat saya satu, buat mantu saya satu. Gorengannya kasihlah tiga rebu.
SARI             : (kaget) O. oke, Mel.  (lalu memberikan ke Meli)
MELI            : Makasih ya, Sari. (hendak berlalu)
SARI             : Ini ga dibayar, Mel? (wajah datar memelas)
MELI            : Aih. Dipotong angsuran panci aja ya. Makasih. (berlalu dengan cuek)

SARI MEMELUK CENTONG NASI. MERATAPI KEPEDIHAN HATINYA PAGI ITU. LALU KEMBALI MENGOMEL KEPADA USMAN.

SARI             : Gini ni, bang. Ga sedih apa kamu itu ngeliat saya kesulitan kayak gini? Hah? Apa justru kamu seneng? Saya ini malu, bang… saya ini juga kepengen beli lipstick kayak istri-istri orang itu. Menor-menor… Cantik-cantik, bang.
USMAN      : Lagian ngapain juga kamu itu pake beli  panci segala sih.
SARI             : Kalo bukan karena kamu itu kasar, kamu banting-banting barang rumah ini kalo marah, saya ga akan ngutang-ngutang panci itu, bang.
                         (nada tinggi) Kamu ngeluyur seenak jidat kamu. Apa kamu pernah mikir gimana caranya saya bayar SPP Nurma? Di mana perasaan kamu itu bang! Kalo dulu kamu gak maksa saya untuk nikah sama kamu, saya udah jadi istri pengusaha meubel!
USMAN      : Ga usah kamu ungkit-ungkit masa lalu, Sari!
SARI             : Bertahun-tahun saya ini menahan sakit hati. Hidup saya semakin menderita.
USMAN      : Jadi kamu ini nyesel nikah sama saya?!
SARI             :  Bang, kalopun saya bilang nyesel, kamu mau apa? Harusnya dengan liat keadaan saya kamu udah paham, bang. Saya ga pernah bahagia. Toh selama ini juga kamu main perempuan kan di belakang saya?!
USMAN      : SARI!!! (hendak menampar) (membanting kursi) (masuk ke dalam rumah)
SARI             : (merapikan meja sambil menangis)

NURMA MUNCUL BERSERAGAM SEKOLAH

NURMA     : (menyodorkan tangan) he he he
SARI             : (mengelus dada) Ya Tuhan ampunilah aku. Gak ada hati juga kamu ya. Emaknya lagi sedih itu dielus-elus kek. Dicium kek. Dipeluk kek. Malah minta duit. Tega ya, kamu. Kamu sama bapak kamu itu sama aja!
NURMA     : Ya bedalah, mak. Dia kan bukan bapak saya.
SARI             : NURMA! (hendak menampar)
NURMA     : Tampar saya, mak! Dia sama emak sama aja! Gak ada yang peduli sama saya. Saya tanya. Kapan terakhir emak Tanya saya ada PR enggak. Uang jajan saya kurang enggak. Bapak yang bukan bapak kandung saya pun sama. Gak pernah juga mau tau keberadaan saya sebagai anak di rumah ini. Dia itu bisanya Cuma main perempuan di kampung sebelah!
USMAN      : (tiba-tiba datang dari dalam rumah) NURMA! (hendak menampar)

SARI DAN USMAN FREEZE

MONOLOG NURMA       :

Ya. Saya berani bersumpah, saya tidak pernah bohong. Bandel-bandel gini, saya anak yang jujur. Bahkan saya gak berani ngambil duit di laci emak. Saya melihat dengan mata kepala saya. Usman, bapak tiri saya itu bermain perempuan di kampung sebelah. Semalem emak ngasih dua puluh ribu untuk beli martabak. Dia memang beli martabak, tapi buat perempuan di kampong sebelah itu.
Saya berani bersumpah. Saya gak bohong. Saya tau emak gak pernah sayang sama bapak. Om Ajo yang kasih tau saya. Dulunya, emak berpacaran sama Om Kodir. Tapi Usman juga begitu mencintai emak sampe dia tega rebut emak dari Om Kodir. Bahkan belakangan saya tau, saya ini anak kandung Om Kodir. Saya bisa percaya itu. Om Kodirlah yang selalu baik sama saya. Selalu kasih saya uang jajan. Dan matanya sipit seperti mata saya. Matanya masih menyimpan cinta buat emak. Tapi entah kenapa saya harus berhadapan dengan hidup yang seperti ini.

BERJALAN PERLAHAN DI PANGGUNG

SAYA JUGA INGIN SEPERTI MATAHARI YANG SELALU BERSINAR DAN DINANTI. TAPI, MAK… NURMA CUMA EMBUN DI PUCUK-PUCUK ASOKA. YANG MUNCUL DI TIAP PAGI, TAPI HILANG DITERPA MENTARI…

Komentar

Postingan Populer